top of page
Search
  • nongck7

Makanan Khas Kalimantan Yang Harus Anda Waspadai Kecanduan

Kalimantan adalah pulau yang terkenal dengan budayanya yang kental. Suku Dayak adalah salah satu ikon pulau ini. Selain itu, orangutan juga merupakan satu hal yang menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan.


Banyak tempat setan menawarkan eksotisme kehidupan hutan yang masih alami. Tapi, tahukah Anda bahwa Kalimantan juga memiliki kelezatan kuliner yang sangat lezat? Nah, di sini kita akan membagikan makanan khas Kalimantan yang memiliki rasa yang tentunya membuat lidah Anda ketagihan. Segera, Anda dapat melihat spesialisasi paling terkenal di bawah ini.


Soto Banjar



Makanan yang satu ini adalah makanan khas yang paling dikenal oleh semua orang. Yup, Soto Banjar adalah salah satu kuliner lezat di Kalimantan. Karena rasanya yang sangat tinggi, tidak heran banyak restoran yang menyajikan Soto Banjar sebagai salah satu pilihan menu. Apa yang membuat soto dari Kalimantan berbeda dari soto-soto lainnya adalah sausnya yang lebih jernih.


Hal lain yang membuat penyajian Soto berbeda adalah dengan tidak menggunakan nasi atau lontong sebagai pengiring saat dikonsumsi, melainkan ketupat. Sebenarnya, ada juga beberapa orang yang membuat Soto Banjar yang memiliki saus keruh, tetapi karakteristik aslinya adalah kuah bening. Selain itu, sup ini akan lebih padat jika dimakan dengan sate.


Ketupat Kandangan


Mungkin Anda pernah membayangkan bahwa makanan khas ini seperti ketup sayuran pada umumnya. Tapi, ada satu perbedaan yang membuat Ketupat Kandangan mudah dikenali - yaitu hard berlian. Karena hidangan kuliner ini memberikan rasa gurih dan lezat, Ketupat Kandangan sangat populer di kalangan masyarakat Kalimantan.


Satu lagi, jika sebagian besar hidangan ketupat menggunakan ayam atau daging sapi sebagai lauk tambahan, ketupat khas Kalimantan ini menggunakan ikan. Biasanya, ikan yang digunakan adalah ikan gabus. Untuk ikan gabus itu sendiri, tidak langsung ditambahkan ke saus santan, tetapi dipanggang terlebih dahulu. Di sini, salah satu kesenangan dari Ketupat Kandangan yang akan membuat lidah Anda puas.



Manday


Jika nasi hangat dari Jogja menggunakan nangka sebagai bahan utamanya, Kalimantan menggunakan cempedak. Meski cukup mirip, rasa yang dihasilkan dari cempedak akan membuat lidah kita merasakan kelezatan yang berbeda. Di sini, cempedak diawetkan selama beberapa hari untuk menciptakan rasa yang khas.


Proses pengawetan sangat alami, yaitu hanya menggunakan garam dan kemudian disimpan di satu tempat. Waktu pengawetan akan mempengaruhi rasa cempedak, semakin lama akan menjadi lebih asam dan tentu saja lezat. Setelah diawetkan, cempedak kemudian dicampur dengan bumbu sebelum digoreng. Ada juga Manday yang dilayani dengan dibakar atau disembuhkan.


Asam Gangan Banjar


Kalimantan terkenal dengan ikan air tawarnya. Tidak terkecuali dengan makanan spesial yang satu ini. Yup, Gangan Asam Banjar adalah salah satu sajian kuliner yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Mungkin Anda membunyikan sayuran asam seperti biasanya.


Memang, tetapi tentu saja rasa dalam Asam Gangan Banjar memiliki karakteristik yang berbeda. Rasa asam, segar, dan gurih pasti akan menambah nafsu makan Anda. Jika Anda berada di Kalimantan, kami sarankan Anda mencoba makanan khusus ini.


Patin Baubar



Satu lagi hidangan kuliner dari ikan lele, yaitu Patin Baubar. Di sini, lele diproses dengan cara dibakar. Sebelum itu, makanan khusus yang terbuat dari ikan ini dibumbui dengan rempah-rempah sehingga rasanya dan baunya enak.


Dengan cara ini, Patin Baubar pasti akan membuat lidah Anda puas karena rasa lezat yang diciptakan oleh proses pembakaran ini. Makanan ini sangat cocok untuk dimakan dengan nasi hangat, apalagi dengan penambahan saus sambal. Bagi Anda yang suka makanan yang dibakar, Anda harus mencoba Patin Baubar.



3 views1 comment

Recent Posts

See All
bottom of page